Cara Mendapatkan Google Adsense dengan 5 Post

Bagaimanakah cara mendapatkan Google Adsense? Apakah sulit untuk mendapatkannya? Jawabannya bisa iya dan bisa tidak. Saya hanya memiliki 5 post dan mendapatkan persetujuan dari Google Adsense. Mungkin bagi yang belum paham betul tentang kebijakan Google Adsense akan merasa sangat sulit untuk mendapatkannya. Tapi, bagi yang sudah benar-benar paham, tentu akan terasa sangat mudah.

Pengalaman Saya

Ditolak Berkali-kali

Waktu saya baru terjun ke dunia blogging, yang pertama saya pelajari adalah tentang desain web, kecepatan web, keamanan, dan SEO. Saya sama sekali tidak mempelajari tentang Google Adsense. Waktu pertama kali mengajukan Google Adsense, saya memiliki sekitar 190 postingan dan ditolak dengan alasan konten salinan. Itu memang benar, karena semua postingan yang saya miliki adalah konten salinan atau gabungan dari beberapa situs lain. Setelah ditolak oleh Google Adsense, dengan berat hati akhirnya saya menghapus seluruh postingan saya. Padahal trafik dan peringkat di mesin pencarian sedang mengalami peningkatan setiap harinya.

Meskipun saya memiliki cukup banyak pengetahuan dalam dunia informasi teknologi, namun saya memiliki kekurangan dalam hal mengarang dan merangkai kata. Oleh sebab itu saya memutuskan untuk menerjemahkan konten berbahasa asing dan mempostingnya. Setelah saya memiliki sekitar 18 postingan dari hasil terjemahan, kemudian saya mengajukan Google Adsense lagi dan hasilnya tetap ditolak dengan alasan konten salinan. Ternyata setelah saya selidiki, ternyata konten yang saya terjemahkan sudah banyak beredar dalam bahasa Indonesia.

Setelah ditolak untuk yang kedua kalinya, kemudian saya mencari lagi konten yang berbahasa asing yang belum pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Setelah memiliki sekitar 15 postingan dan seluruh konten terjemahan yang saya miliki belum ada dalam bahasa Indonesia. Kemudian saya mengajukan permohonan lagi untuk yang ketiga kalinya. Dan akhirnya saya mendapatkan pesan “Valuable inventory: Scraped content” (Inventaris berharga: Konten salinan). Permohonan Adsense saya ditolak untuk yang ketiga kalinya.

Diterima Google Adsense

Sebenarnya saya mengajukan permohonan Adsense lebih dari tiga kali, tetapi yang sungguh-sungguh dipersiapkan secara matang hanya tiga kali. Setelah ditolak lebih dari tiga kali, akhirnya saya memutuskan untuk menulis konten yang murni ada di otak saya. Saya tidak peduli apakah pembaca akan paham dengan tulisan saya atau tidak, yang penting konten saya harus unik dan berbeda dengan konten yang dimiliki situs lain.

Setelah membuat satu konten yang murni dari otak saya, kemudian saya mengajukan permohonan Adsense hanya untuk mengetahui apakah situs saya memiliki konten salinan atau tidak. Dan akhirnya saya tidak mendapatkan pesan peringatan konten salinan tetapi mendapatkan pesan “Valuable inventory: Under construction“. Itu wajar, karena saya baru memiliki sebuah postingan. Tetapi saya bahagia karena tidak memiliki konten salinan.

Setelah itu, saya kemudian menulis lagi konten yang kata-katanya benar-benar murni dari pikiran saya sendiri. Setalah mendapatkan lima postingan, kemudian saya mengajukan permohonan Adsense lagi hanya untuk mengecek apakah saya memiliki konten salinan atau tidak. Dan di luar dugaan saya mendapatkan pesan Congrats! Your site https://lalacomputer.com is now ready to show AdSense ads and start earning.

Cara Mendapatkan Google Adsense

Untuk mendapatkan Google Adsense tidak cukup hanya memiliki konten yang unik atau berbeda dengan konten milik situs lain. Ada beberapa persyaratan atau kriteria yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah cara agar permohonan Adsense diterima meskipun hanya memiliki 5 postingan.

Desain Situs Web yang Baik dan Responsif

Saya menemukan banyak sekali situs web yang memiliki desain yang tidak jelas atau amburadul. Saat ini banyak sekali tema yang memiliki desain yang baik dan responsif, jadi ketika dalam proses pengajuan Adsense jangan banyak terlalu memodifikasi tampilannya agar desain web tertata dengan rapi. Jika ingin memiliki situs web yang berkualitas, Anda bisa mendapatkannya di Pedoman Webmaster Google.

Memilik Menu Navigasi

Pastikan situs Anda menu memiliki navigasi yang jelas dan mudah digunakan oleh pengunjung yang datang ke situs Anda. Hampir semua tema telah memiliki menu navigasi, tetapi kebanyakan fitur menu navigasinya dalam keadaan tidak terpasang di situs web. Jadi, jika tema situs Anda belum terpasang menu navigasi, maka Anda harus menerapkannya. Menu navigasi biasanya diletakkan di area header, baik sebelumnya atau sesudahnya.

Buat Halaman Tentang Kami, Hubungi Kami, dan Kebijakan Privasi

Ketiga halaman atau page tersebut harus dimiliki jika akan mengajukan permohonan Adsense. Halaman Tentang Kami (About Us) berisi tentang beberapa informasi tentang situs web seperti siapa kami, alamat kami, apa tujuan kami, dan informasi lainnya yang dimiliki. Halaman Hubungi Kami (Contact Us) berisi form untuk pengunjung yang ingin menghubungi Anda. Halaman Kebijakan Privasi berisi tentang kebijakan situs web Anda bagi pengunjung. Ketiga halaman tersebut biasanya ditempatkan di menu navigasi atau di area footer. Anda dapat melihat contoh halaman About Us, Contact Us, dan Privacy Police milik saya atau milik orang lain. Tetapi ingat, buatlah ketiga halaman tersebut unik dan berbeda dari yang lain, jadi jangan menyalinnya jika akan mengajukan Adsense.

Hindari Konten Duplikat atau Salinan

Konten duplikat adalah konten yang disalin dari situs lain tanpa mengubah atau menambahkan sesuatu yang berharga ke dalamnya. Sedangkan konten salinan adalah konten yang disalin dari situs lain tetapi hanya mengubahnya sedikit dan tidak terlalu banyak menambahkan informasi yang berharga ke dalamnya. Menyalin sebagian konten dari beberapa situs web dan kemudian menggabungkannya juga akan dianggap konten salinan. Selain itu, hasil dari terjemahan juga akan dianggap konten salinan. Begitu juga dengan gambar, usahakan Anda membuatnya sendiri jangan mengunduhnya dari internet.

Untuk menghindari konten duplikat atau salinan, sebaiknya judul yang digunakan juga jangan sama persis dengan judul milik situs lain. Jadi, ketika Anda akan memberi judul, periksa dulu di Google Pencarian, dan pastikan judul yang akan digunakan belum pernah dipakai oleh  situs lain. Begitupun dengan isi konten, coba lakukan pencarian tiap-tiap kalimat atau paragraf di Google. Apakah kita memiliki sebuah kalimat atau paragraf yang isinya sama atau hanya berbeda sedikit dengan situs lain.

Hindari Konten yang Dilarang

Salah satu kebijakan Google Adsense adalah melarang untuk menampilkan iklan di dalam konten yang melanggar kebijakannya seperti konten yang mengandung unsur pornografi, narkoba, melanggar hak cipta, dan lainnya. Untuk lebih detailnnya, Anda bisa membaca kriteria tentang Konten Terlarang. Sebelum menulis konten, pastikan Anda telah mengetahui dan memahami Kebijakan Google Ads. Bahkan jika telah mendapatkan Adsense sekali pun, Anda tetap harus mematuhi kebijakan kontennya.

Buatlah Konten yang Berkualitas

Google hanya ingin menempatkan iklannya di situs yang memiliki konten yang berkualitas. Menurut saya pribadi konten yang berkualitas adalah konten yang memberikan informasi yang singkat, padat, dan jelas. Saya tidak terlalu suka membaca sebuah artikel yang isinya terlalu panjang dan bertele-tele. Tetapi tidak bagi Google, Google lebih menyukai konten yang sangat detail dan unik. Selain itu, gunakanlah struktur penulisan yang baik dan benar ketika menulis konten. Situs Wikipedia adalah contoh yang baik dalam menulis konten yang berkualitas.

Gunakan 700 Kata atau Lebih

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, selain menginginkan konten yang unik, Google juga menginginkan konten yang panjang dan detail. Dengan 5 postingan, saya berhasil mendapatkan persetujuan dari Google Adsense dan kelima postingan tersebut memiliki lebih dari 700 kata. Selain itu, jumlah kata dalam sebuah postingan adalah salah satu faktor untuk peringkat di mesin pencarian. Untuk mengetahui jumlah kata yang ditulis, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Microsoft Office Word. Di bagian bawah sebelah kiri Microsoft Office Word akan tercantum jumlah kata yang diketik.

Minimal Post untuk Mendapatkan Google Adsense

Tidak ada ketentuan yang jelas dari pihak Google tentang berapa batasan minimal post untuk mendapatkan persetujuan dari Adsense. Jika Anda membaca komentar seseorang yang bernama Dillon di sebuah blog yang berjudul 12 Things to Do Before Applying for Google AdSense in 2019, dia mengatakan bahwa permohonan Adsense-nya disetujui dengan hanya memiliki 3 postingan, 115 pengunjung, dan 2 komentar. Sedangkan saya mendapatkan persetujuan Adsense dengan memiliki 5 postingan tanpa memiliki pengunjung atau komentar. Mungkin saja Anda akan mendapatkan persetujuan dari Adsense meskipun hanya memiliki 3 buah postingan jika setiap postingan atau kontennya menggunakan lebih dari 1.000 kata. Jadi cobalah mengajukan permohonan Google Adsense jika Anda telah memiliki 3 post dengan 1.000 kata lebih di setiap postnya.

Jangan Menerapkan Iklan yang Lain

Jika sebelumnya Anda telah menerapkan iklan dari vendor selain Google Adsense, sebaiknya untuk sementara menonaktifkannya. Pastikan situs Anda bersih dari iklan meskipun Google mengizinkan untuk menampilkan iklan dari vendor lain.

Umur Anda Harus 18 Tahun Lebih

Umur adalah salah satu syarat wajib untuk mengajukan Google Adsense. Jadi pastikan Anda telah berusia 18 tahun atau lebih.

Daftar Post dan Page yang Saya Miliki Ketika Mendapatkan Google Adsense

Berikut ini adalah daftar Post dan Page yang saya miliki ketika mendapatkan Google Adsense.

Daftar Post

  1. Sulitnya Mendapatkan Google Adsense
  2. Tips Belajar Komputer bagi Pemula
  3. Kenapa Saya Ingin Menjadi Blogger?
  4. Teknik untuk Meningkatkan Kecepatan Situs Web
  5. Mengoptimalkan CSS untuk Meningkatkan Kecepatan Situs Web

Daftar Page

  1. Tentang Kami
  2. Kebijakan Privasi
  3. Hubungi Kami
  4. Code Editor (HTML, CSS, JavaScript)

Tadinya saya berniat untuk mengubah atau meng-update kelima postingan tersebut, karena sebagian kontennya ada yang belum lengkap. Tetapi saya berubah pikiran dan akan membiarkannya sebagai contoh untuk Anda pelajari. Jika Anda melihat tanggal update berbeda dengan tanggal post pada kelima postingan tersebut, bukan berati isi kontennya telah saya rubah, itu semua dilakukan hanya untuk menambahkan kode, seperti menambahkan kode Google Adsene.

Penutup

Semoga Anda mendapatkan gambaran untuk melakukan persiapan dalam mengajukan permohonan Google Adsense. Saran saya bagi Anda yang ingin mendapatkan Google Adsene, yaitu:

Jangan pernah menyerah untuk mendapatkan Google Adsense meskipun harus mencobanya berkali-kali! Tetap semangat dan percayalah Anda pasti bisa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *