Elemen <bdi> HTML | Tag bdi

Penggunaan Elemen <bdi>

Elemen <bdi> (Bidirectional Isolate) digunakan untuk memperlakukan teks yang memiliki arah penulisan yang berbeda di dalam dokumen HTML. Ini sangat berguna ketika halaman web memiliki beberapa teks yang ditulis dengan arah yang berbeda, seperti menambahkan bahasa arab ke dalam bahasa latin.

Teks dua arah adalah teks yang mengandung urutan penulisan kiri ke kanan (LTR) dan dari kanan ke kiri (RTL), seperti dalam penulisan teks latin yang mengandung bahasa Arab di dalamnya. Web browser menerapkan algoritma Bidirectional Unicode untuk menangani hal ini. Di dalam algoritma Bidirectional Unicode ini, karakter akan diberikan directionality implisit: misalnya, teks latin diperlakukan sebagai LTR sedangkan teks Arab diperlakukan sebagai RTL.

Beberapa karakter lain seperti spasi dan beberapa tanda baca diperlakukan netral dan diarahkan berdasarkan karakter yang ada di sekitarnya. Biasanya, algoritma dua arah akan melakukan hal yang benar tanpa penulis harus memberikan markup khusus tetapi, kadang-kadang, algoritma membutuhkan bantuan. Elemen <bdi> digunakan untuk membungkus rentang teks dan menginstruksikan algoritma dua arah untuk memperlakukan teks ini secara terpisah dari yang lainnya. Arah teks yang disematkan dalam elemen <bdi> tidak akan dipengaruhi atau memengaruhi arah teks di sekitarnya.

Kode Editor
Preview

Dukungan Atribut

Tinggalkan komentar