Tips Belajar Komputer bagi Pemula

Banyak yang berkata bahwa belajar komputer itu sulit, tetapi menurut saya itu hal yang relatif. Seperti belajar di sekolah, kita pasti akan menemukan pelajaran yang mudah dan sulit, juga akan menemukan pelajaran yang menyenangkan dan menyebalkan. Begitu juga dalam belajar komputer, pasti ada yang mudah, ada yang sulit, ada yang menyenangkan, dan ada yang menyebalkan. Saya pribadi kebanyakan mempelajari komputer secara autodidak, hanya Microsoft Word dan Excel yang saya pelajari di tempat kursus. Lantas, bagaimanakah cara belajar komputer dari awal? Apakah harus kursus komputer atau belajar secara autodidak? Di sini akan saya berikan beberapa tips untuk belajar komputer bagi pemula.

Harus Memiliki Komputer

Memiliki komputer adalah syarat wajib jika ingin belajar komputer dengan sungguh-sungguh. Tanpa memiliki komputer, kita akan cepat lupa terhadap materi yang pernah kita pelajari. Saya pernah menjadi pengajar kursus Microsoft Office dan kebanyakan dari peserta kursus tidak memiliki komputer. Selama kursus para peserta terlihat terampil dalam mengoperasikan Microsoft Word atau Excel. Mereka mampu mengerjakan apa yang saya perintahkan dengan baik dan rata-rata mereka memiliki nilai sangat memuaskan di sertifikatnya. Meskipun mereka memiliki nilai sangat memuaskan, tetapi itu semua menjadi sia-sia karena mereka tidak memiliki komputer. Itu terbukti ketika saya bertemu dengan para peserta kurus beberapa bulan kemudian. Mereka mengaku lupa lagi cara membuat ini dan cara membuat itu.

Belajar Komputer Melalui Kursus

Belajar di tempat kurus adalah cara yang paling efektif dan cepat untuk mempelajari komputer. Karena di tempat kurus kita dibimbing langsung oleh seorang pengajar tanpa harus repot banyak membaca tutorial dari buku atau internet. Di tempat kursus kita bisa langsung bisa bertanya jika menemukan hal yang tidak dimengerti. Coba bayangkan jika kita belajar dari buku atau internet, pasti sangat ribet, karena mata harus bolak-balik dari buku ke monitor dan ini membuat kita cepat lelah. Kekurangan belajar di tempat kursus adalah masalah biaya. Untuk belajar satu jenis aplikasi saja kita harus merogoh kocek ratusan ribu rupiah.

Bergaul dengan yang Ahli Komputer

Waktu dulu, ketika komputer dan internet masih langka, saya sudah memiliki komputer. Rumah saya adalah tongkrongan teman-teman saya dan saya tidak pernah mengajarkan komputer kepada mereka. Tetapi apa yang terjadi? Teman-teman saya bisa menghidupkan komputer, memutar musik, menonton film, bermain game strategi, bahkan mereka mampu mengoperasikan Windows Explorer dengan baik. Padahal mereka tidak pernah diajarkan atau bertanya sedikit pun kepada saya. Saya yakin mereka belajar dari melihat saya mengoperasikan komputer. Semakin sering mereka melihat, mereka semakin paham mengoperasikan komputer.

Rajin Membaca

Jika tidak memiliki cukup uang untuk kurus komputer atau tidak memiliki teman yang ahli komputer, maka yang harus dilakukan adalah belajar dengan cara membaca. Saat ini banyak sekali blog yang membahas tentang komputer. Kekurangan belajar komputer dengan cara membaca adalah membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena ketika belajar dengan cara membaca sebuah artikel atau tutorial, kadang-kadang kita menemukan banyak sekali istilah asing atau baru yang sama sekali kita tidak memahaminya. Sehingga, kita harus mencari informasi tentang istilah asing atau baru tersebut agar kita benar-benar memahami istilah tersebut. Sebagai contoh, ketika saya memutuskan untuk menjadi blogger dan memulai mempelajari tentang desain web, saya menemukan banyak sekali istilah yang baru dan tidak memahaminya. Sehingga saya harus mempelajari satu-persatu istilah tersebut.

Selain memiliki kekurangan, belajar dengan cara banyak membaca juga memiliki banyak kelebihan. Belajar dengan cara banyak membaca memiliki ingatan yang cukup kuat, sehingga tidak mudah lupa. Selain itu, dengan banyak membaca juga dapat membuat kita memiliki wawasan yang lebih luas. Jika akan belajar dengan cara membaca, saran saya adalah bacalah artikel sampai selesai meskipun kita menemukan istilah yang asing atau tidak mengerti. Dahulu, ada seorang teman yang ingin belajar komputer kepada saya. Tetapi antara saya dan dia sangat jarang sekali bertemu, karena tempat dan pekerjaan berbeda. Kemudian saya menyarankan agar berlangganan koran dan majalah tentang komputer. Dan saya menyuruhnya agar membaca seluruh isi koran dan majalah tersebut meskipun tidak memahaminya. Hasilnya, satu tahun kemudian dia memahami banyak sekali istilah-istilah dalam dunia komputer. Padahal awalnya dia tidak tahu apa-apa sama sekali, bahkan dia tidak tahu apa itu motherboard atau RAM.

Belajar Komputer melalui Video

Belajar dengan menonton video adalah cara yang terbaik dan efektif, jika kita belajar komputer secara autodidak. Belajar dengan menonton video, membuat kita lebih cepat paham dalam mempelajari sesuatu. Adik saya begitu cepat menguasai aplikasi Adobe After Effects dari video tutorial. Saat ini terdapat banyak sekali video tutorial atau pembahasan tentang komputer di Youtube.

Belajar Komputer dengan Menggunakan Aplikasi Versi Terbaru

Saat ini aplikasi berkembang sangat pesat. Saya menyarankan agar mempelajari dan menggunakan aplikasi dengan versi yang terbaru. Contohnya, jika kita akan mempelajari aplikasi Microsoft Word, sebaiknya pelajarilah versi yang terbaru.

Kesimpulan

Jangan pernah berhenti untuk mempelajari komputer. Belajar komputer tidak akan ada habisnya, karena setiap saat selalu terjadi pembaruan (update) dan muncul aplikasi atau teknologi baru yang harus dipelajari. Sampai saat ini saya masih selalu belajar komputer dan saya belajar selama dua sampai empat jam tiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *