WordPress VS Blogger

WordPress VS Blogger, manakah yang terbaik? Mungkin bagi yang baru terjun ke dunia desain web akan sedikit bingung untuk memilih mana yang terbaik di antara keduanya. Di sini saya akan bahas beberapa poin penting tentang WordPress dan Blogger.

WordPress

WordPress (WordPress.org) adalah CMS yang paling banyak digunakan oleh para pengembang web di seluruh dunia. Hampir 1/3 dari jumlah situs web yang ada di seluruh dunia menggunakan WordPress. WordPress sangat cocok digunakan untuk situs web berskala kecil maupun besar. Didukung dengan ratusan ribu plugin dan tema sehingga memudahkan para pengembang dalam membuat web.

Dengan menggunakan WordPress, pengembang dapat melakukan apapun sesuai keinginannya tanpa ada batasan, karena semua aset situs web adalah milik para penggunanya. Seluruh file dan database dapat diakses penuh oleh penggunanya, sehingga dengan leluasa dapat melakukan konfigurasi sepenuhnya. Berikut ini adalah beberapa informasi tentang WordPress untuk Anda, agar Anda dapat memahaminya sebelum menggunakannya.

Keamanan WordPress

Selain menjadi CMS yang paling banyak digunakan, WordPress juga menjadi situs yang paling banyak diretas. Karena mayoritas situs web dibangun menggunakan WordPress, hal ini membuat WordPress menjadi target utama para hacker. Keamanan WordPress sangat rentan dari segi keamanannya dan menjadi masalah utama bagi para penggunanya. hal ini disebabkan karena seluruh aset WordPress berada di bawah kendali para penggunanya dan tidak semua penggunanya adalah seorang programmer. Jadi jika Anda berniat untuk menggunakan WordPress, Anda juga harus mempelajari keamanannya.

Hal yang Harus Dimiliki Pengguna WordPress

Sebelum menggunakan WordPress, Anda harus memiliki situs web dengan domain TLD. Selain itu, Anda juga harus memiliki sebuah server hosting untuk menyimpan seluruh aset Anda. Saat ini banyak sekali penyedia layanan hosting dan sekaligus menjual domain TLD.

Bahasa yang Digunakan WordPress

Pada umumnya situs web modern dibangun menggunakan bahasa markup HTML dan CSS serta bahasa pemrograman JavaScript. Selain harus memiliki pengetahuan dasar ketiga bahasa tersebut, untuk membangun situs web menggunakan WordPress, juga harus memiliki pengetahuan dasar bahasa PHP dan MySQL.

Dukungan Tema WordPress

Terdapat ratusan ribu tema untuk WordPress baik yang gratis maupun berbayar. Mulai dari tema untuk blogger sampai dengan tema E-Commerce.

Tema WordPress
Tema WordPress

Dukungan Plugin WordPress

Selain didukung ratusan ribu tema, WordPress juga didukung oleh ratusan ribu plugin yang akan mengoptimalkan fungsi dari situs web. Dengan dukungan ratusan ribu plugin tersebut, akan memudahkan para pengembang web untuk melakukan apapun tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman.

Plugin WordPress
Plugin WordPress

Dukungan SEO untuk WordPress

Pengguna WordPress sangat beruntung karena dapat menggunakan plugin Yoast SEO yang sangat membantu para pengguna WordPress untuk mengoptimalkan konten atau postingannya supaya mendapatkan peringkat lebih baik di hasil mesin pencarian. Yoast SEO adalah plugin yang paling banyak digunakan oleh para pengguna WordPress. Selain Yoast, masih banyak lagi plugin yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan SEO.

Plugin Yoast SEO
Plugin Yoast SEO

Dukungan AMP untuk WordPress

Pada keadaan standar WordPress tidak mendukung format AMP. Tetapi dengan dukungan plugin AMP, WordPress akan memiliki versi AMP dan non-AMP secara otomatis. Seperti halaman situs ini sudah mendukung versi AMP. Jika melakukan pencarian menggunakan perangkat seluler, maka hasil pencarian yang akan ditampilkan adalah versi AMP.

Hasil Pencarian AMP

Fleksibilitas WordPress

Tentu saja WordPress memiliki fleksibilitas yang tinggi karena seluruh aset adalah milik para penggunanya dan didukung oleh ribuan tema dan plugin yang akan membuat WordPress dapat dimodifikasi sesuai dengan kita.

Biaya yang Harus Dikeluarkan

Pada dasarnya menggunakan WordPress adalah gratis karena WordPress adalah sebuah CMS open source. Tetapi untuk biaya yang lainnya harus merogoh kocek sekitar ratusan ribu bahkan sampai dengan jutaan rupiah setiap tahunnya. Karena selain harus membeli nama domain yang harus diperpanjang setiap tahunnya, pengguna WordPress juga harus membayar sewa hosting yang harganya cukup bervariasi. Belum lagi jika ingin menggunakan tema atau plugin premium yang harganya lumayan mahal. Selain itu, kebutuhan lainnya seperti menggunakan CDN dan fasilitas keamanan yang harganya lumayan fantastis bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Blogger

Blogger atau lebih dikenal dengan BlogSpot.com adalah sebuah layanan blog hosting milik Google. Blogger didesain untuk kebutuhan blogging sehingga akan sulit digunakan jika memiliki rencana membuat sebuah situs web yang besar. Tetapi jika hanya untuk keperluan blogging atau membuat situs web berskala kecil, Blogger lebih dari cukup untuk digunakan. Pengguna Blogger juga harus menaati aturan atau kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak Google. Mereka (Google) berhak untuk menutup akun Blogger kapan pun jika melanggar kebijakannya. Jika ingin menggunakan Blogger, Anda harus membaca dan memahami aturannya.

Keamanan Blogger

Anda tidak perlu bersusah-payah untuk melindungi situs Anda dari bahaya yang akan mengancam situs Anda. Semua file dan database situs Anda disimpan di server milik Google dan pihak Google sendiri yang akan mengamankannya.

Hal yang Harus Dimiliki Pengguna Blogger

Untuk membuat situs menggunakan blogger syaratnya cuma satu yaitu, Anda harus memiliki akun Google untuk mengaksesnya. Mudah bukan? Dan Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan file sebesar 15 Gb secara cuma-cuma.

Bahasa yang Digunakan Blogger

Karena blogger.com dirancang untuk situs blog, Anda tidak perlu menguasai bahasa markup atau bahasa pemrograman apapun. Tetapi, untuk memaksimalkan kualitas situs web minimal Anda harus memiliki pengetahuan dasar HTML, CSS, dan JavaScript.

Dukungan Tema Blogger

Dukungan tema untuk blogger sangat minim. Google hanya menyediakan tema sebanyak 54 macam. Jika ingin memiliki tampilan situs yang menarik, Anda harus menguasai HTML dan CSS agar Anda dapat melakukan modifikasi atau membuat template tema sendiri. Meskipun banyak yang menyediakan tema blogger.com, baik yang gratis maupun berbayar, tetapi pihak Google tidak bertanggung jawab atas keamanannya.

Tema Blogger
Tema Blogger

Dukungan Plugin Blogger

Tidak ada dukungan plugin di Blogger, yang ada hanyalah dukungan Gadget dan itu pun hanya berjumlah 25 Gadget. Untuk memaksimalkan tampilan atau fungsi lainnya harus lebih memahami kode HTML, CSS, dan JavaScript.

Gadget Blogger
Gadget Blogger

Dukungan SEO Blogger

Banyak mitos yang beredar, bahwa Blogger lebih baik dari segi SEO ketimbang WordPress dan itu semua tidak benar. Mesin pencari Google tidak pandang bulu dalam merangking situs web. Google hanya akan memberikan peringkat pada situs yang memiliki konten berkualitas. Bahkan peringkat situs saya pribadi lebih baik ketika sudah beralih ke WordPress.

Dukungan AMP untuk Blogger

Saat ini Blogger belum mendukung versi AMP. Jika berniat untuk menggunakan versi AMP untuk halaman Blogger, maka Anda harus membuat tema sendiri atau mencari tema yang sudah mendukung versi AMP.

Fleksibilitas Blogger

Blogger didesain untuk konten blog sehingga kurang cocok jika digunakan untuk situs sekala besar. Selain itu, pengguna Blogger tidak dapat mengakses root domain atau database milik penggunanya.

Biaya yang Harus Dikeluarkan

Menggunakan Blogger 100% gratis. Anda tidak perlu membayar biaya bulanan atau biaya tahunan untuk menggunakan Blogger. Anda akan mendapatkan 500 subdomain dan kapasitas hosting sebesar 15 Gb tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Kecuali jika Anda ingin menggunakan domain TLD atau menambah kapasitas hosting maka Anda baru dikenakan biaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *